Tips Agar Bayi Bisa Cepat Tidur

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/06/2017
Selamat siang sahabat andi rezpati. Sebagai seorang ibu, Anda harus memastikan bayi Anda memiliki cukup waktu untuk tidur, namun beberapa bayi terkadang sulit tidur di malam hari. Hal ini mungkin disebabkan oleh gelombang respons terhadap periode pertumbuhan atau perkembangan.

Bayi terkadang terbangun di malam hari dan butuh waktu lama untuk bisa tidur nyenyak lagi. Jika Anda mengalami masalah tidur bayi kronis atau gigih, berkonsultasilah dengan dokter anak Anda.

Tapi jika masalah tidur bayi berlangsung dalam waktu yang lebih singkat, ada teknik sederhana yang bisa Anda coba di rumah.

Berikut adalah 4 langkah yang bisa membuat bayi tertidur lebih cepat:

1. Rutinitas relaksasi

Mandi bayi Anda dengan air hangat dan gunakan cahaya redup di kamar bayi untuk membantu menenangkannya. Siapkan bayi Anda untuk tidur di kamarnya dengan tenang dan tanpa suara.

Jika Anda melakukan tindakan ini sebagai bagian dari ritual malam yang konsisten, bayi akan merespons sinyal bahwa waktu tidur sudah dekat.

2. Sediakan stimulasi sentuhan

Anda bisa berbaring di samping bayi untuk membantunya merasa aman. Bayi ingin mendengar detak jantung ibunya. Gosok dengan lembut usap bagian bawah bayi untuk membantunya tertidur lelap. Stimulasi berupa gerak atau suara detak jantung ibu bisa membuat bayi merasa nyaman dan akan tidur lebih cepat.

3. Mendisiplinkan jam tidur bayi

Atur jadwal dibuka dengan bangun pada waktu yang teratur setiap hari. Itu yang perlu Anda lakukan saat bayi cukup besar sehingga bayi bisa beradaptasi dengan rutinitas sehari-hari orang tua mereka.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengajari anak Anda untuk mendisiplinkan anak usia dini. Tapi pastikan Anda juga memiliki cukup waktu tidur untuk membuatnya tidur lebih awal di malam hari.

4. Sediakan kenyamanan untuk bayi

Bayi perlu merasakan rasa aman dan perhatian. Jangan biarkan bayi anda menangis sendiri untuk tidur. Semakin Anda merespons kebutuhan mereka, bayi akan merasa lebih aman dan cepat tidur. Demikian tips agar bayi cepat tidur, semoga bermanfaat buat para pengunjung dan pembaca situs andi rezpati.

Tampilkan Komentar