Tips Mencegah Masalah Saat Menstruasi

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/09/2017

Selamat malam sahabat andi rezpati, bagi kalian para wanita jangan anggap remeh rasa sakit saat haid karna rasa sakit tersebut dapat menimbulkan beberapa masalah, dan pada postingan ini saya amembahas mengenai cara mencegah masalah saat haid. Haid teratur yang dialami wanita setiap bulan dan kondisi ini terkadang menimbulkan ketidaknyamanan bagi wanita. Lakukan langkah-langkah berikut untuk berdamai dengan menstruasi.

Secara medis menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim karena tidak adanya pemupukan yang ditandai dengan perdarahan dan biasanya berlangsung selama 3-7 hari. Umumnya siklus haid terjadi rata-rata selama 28 hari.

Sebelum menstruasi banyak wanita yang mengalami gejala sindrom pramenstruasi (PMS) seperti kram atau nyeri, perut kembung, mood berubah menjadi gangguan tidur. Kondisi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tubuh wanita.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan :
  • Mengonsumsi makanan sehat
Selama periode sebelumnya atau berkembang biak makan sayuran berdaun hijau, buah di musim pada saat itu juga meningkatkan asupan air dan cairan. Selain itu bisa ditambah dengan minum segelas susu hangat saat haid baru, hindari makanan pedas dan berminyak karena bisa memperparah masalah.
  • Menghindari perut kembung
Wanita dianjurkan berolahraga secara teratur, terutama di pagi hari dan tidur nyenyak setiap malam. Ini akan membantu menghindari kembung sehingga melawan sebagian besar masalah yang timbul saat menstruasi.
  • Menjaga kebersihan diri
Jangan pelit menggunakan bantalan haid, sering ganti bantalan setiap 4-6 jam dan selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti bantalan.
  • Menjaga kelembaban dan tetap kering
Menjaga kelembaban dan tetap kering sangat penting untuk menghindari bau yang tidak sedap dan mengurangi risiko infeksi yang mungkin terjadi. Jika menggunakan celana ketat, maka hindari penggunaan lebih dari 6 jam karena bisa menyebabkan gatal memicu ketidaknyamanan.
  • Gunakan pakaian yang nyaman
Pakailah pakaian yang sesuai dan nyaman di tubuh, jins ketat dan atasan yang pas di tubuh akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk lebih memperparah kondisi. Gunakan warna-warna cerah agar tubuh terasa bahagia dan positif. Nah itu tadi adalah 5 tips yang dapat saya publikasikan di andi rezpati, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat yang positif.

Tampilkan Komentar