Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/11/2017
Selamat pagi sahabat andi rezpati, apa kabar kalian semua. Postingan kali ini saya akan memberikan tip untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan stabil. Bila terganggu atau terganggu sakit kepala atau sendi akan segera menunjukkan gejala kondisi untuk memberi tahu Anda. Tapi itu berbeda dengan jantung Anda karena hati Anda tidak akan tahu apakah ada masalah atau tidak sampai Anda benar-benar 'jatuh' untuk itu.

Sebenarnya 1 dari 3 kematian di A.S. setiap tahun karena penyakit kardiovaskular. Bahkan pada pria, penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu. Selain itu, menurut American Heart Association, 38 persen orang dewasa terbagi menjadi setidaknya tiga dari tujuh kriteria kesehatan jantung yang buruk.

Agar anda bisa terhindar dari masalah jantung, lakukan trik sederhana berikut ini.
  • Cek Resiko Anda
"Memeriksa faktor risiko kardiovaskular, termasuk tes tekanan darah dan kolesterol harus dimulai pada awal 20-an," kata John Elefteriades, MD, ahli bedah dan direktur Institut Aortic di Yale.

Hasilnya akan membantu menentukan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Jika tekanan darah Anda tinggi, tingkat kolesterol Anda tinggi dan Anda memiliki riwayat penyakit jantung keluarga kemudian memeriksa risiko jenis ini harus menjadi prioritas utama Anda.

Banyak dokter merekomendasikan tes jantung yang ditemukan setelah Framingham Heart Study. Tes ini menggabungkan faktor-faktor seperti usia dan tekanan darah untuk mengetahui risiko penyakit jantung dengan nilai persentase aktual.

Tes ini memiliki dua versi, satu didasarkan pada algoritma yang kompleks, sementara yang lain didasarkan pada poin. Namun menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMC Medicine, hasil tes membuktikan bahwa menggunakan algoritma yang lebih akurat.
  • Kontrol tingkat LDL Anda
Meski sering dieja 'antagonis', namun sebenarnya tidak semua LDL benar-benar menjijikkan, kata Ronald Krauss, MD, ilmuwan senior dan direktur penelitian aterosklerosis di Children's Hospital Oakland Research Institute. Menurut sebuah cara baru untuk mempelajari kolesterol, LDL dapat digambarkan dalam setidaknya empat sub kategori, ada yang sangat menjijikkan, tapi ada juga yang sangat lembut.

Sementara banyak peneliti mencoba menemukan metode terbaik untuk mengatasi ekses-ekses LDL yang paling buruk, Anda dapat menggunakan metode yang lebih tradisional. Salah satunya adalah sarapan oatmeal yang mengandung beta glucan, serat larut yang bisa membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap di usus.
  • Pertimbangkan Menjalani Beberapa Tes
Jika dokter Anda perlu mengetahui beberapa informasi tambahan tentang risiko jantung Anda, mungkin dia memiliki sejumlah metode lain untuk Anda. Salah satu tes yang direkomendasikan adalah tes protein C-reaktif (CRP).

"CRP adalah indikator peradangan atau iritasi pada pembuluh darah internal. Beruntung ini bisa diatasi dengan latihan intensitas tinggi," kata Elefteriades. Anda juga bisa menjalani CT scan sehingga dokter bisa melihat secara langsung jika mengalami masalah arteri atau tidak.
  • Mengawasi Tekanan Darah Anda
Mengurangi asupan garam tidak hanya bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Orang yang menurunkan asupan garam cenderung memiliki risiko serangan jantung atau stroke yang serupa dengan mereka yang tidak membatasi asupan garam. Hal ini terungkap dari tinjauan terbaru dari 7 studi yang dipublikasikan di American Journal of Hypertension.

Kehilangan berat badan merupakan solusi yang lebih baik karena upaya ini bisa menurunkan tekanan darah Anda 10-29 poin, bahkan rutinitas aerobik pun bisa mengurangi 10 poin lagi.
  • Lihat Total Kolesterol Kolesterol Anda
Sejumlah tes bisa memberikan rincian tentang kondisi kolesterol Anda, jika perlu. Salah satunya adalah tes non-HDL. "Saya merekomendasikan agar semua orang menjalani tes ini Penentuan cukup mengurangi jumlah HDL kolesterol total, namun tes ini adalah standar yang tidak memerlukan perawatan khusus. Sahabat andi rezpati itu tadi adalah beberapa tips untuk menjaga jantung kita agar tetap sehat, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tampilkan Komentar