Waktu Olahraga Saat Berpuasa

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/30/2017

Sahabat andi rezpati yang beragama islam, bulan Ramadan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat islam didunia. Namun, keadaan ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi mereka untuk menyeimbangkan antara puasa, ibadah, dan aktivitas seperti biasanya

Saat menjalankan ibadah puasa bagi umat islam ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap dapat menjalankan gaya hidup sehat yang seimbang selama berpuasa. Bentuk olah tubuh saat berpuasa juga sebaiknya diperhatikan, mengingat puasa dijalankan dalam waktu 30 hari.

Yang terpenting adalah menjaga pola makan saat saur maupun berbuka puasa. Mengelola waktu istirahat dan olahraga dengan baik juga dibutuhkan saat berpuasa, sehingga saat berpuasa orang dapat tetap fokus dan berenergi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Anda bisa melakukan olahraga dipagi hari maupun disore hari. Namun waktu terbaik untuk berolahraga adalah 30-60 menit sebelum buka puasa dan 60 menit setelah buka puasa, untuk membantu mempermudah rehidrasi.

  • Pagi hari

Saat anda masih memiliki tenaga yang cukup banyak untuk beraktivitas, termasuk berolahraga. Berolahraga dipagi hari menjadi banyak pilihan bagi semua orang yang sedang berpuasa, dikarenakan tubuh masih memiliki energi yang cukup banyak.

  • Sore hari

waktu berolahraga disore hari sekitar satu jam sebelum waktu berbuka,  di mana tubuh biasanya merasa lemas akibat telah menahan lapar seharian. Namun untungnya adalah, anda dapat langsung menggantikan energi yang terbuang ketika Anda berbuka puasa.

Namun, sebaiknya lakukan jenis olahraga intensitas ringan sampai sedang, seperti :
  • Berjalan
  • Jogging
  • Bersepeda

Disarankan untuk tidak mencoba intensitas olahraga yang lebih tinggi dari yang biasa Anda lakukan karena ditakutkan tubuh tidak mampu melakukannya. Olahraga memang membawa pengaruh positif pada tubuh, antara lain untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Namun olahraga yang terlalu keras saat berpuasa justru malah menjadi hambatan buat kalian dalam menjalankan ibadah puasa, hal itu terjadi dikarenakan tubuh terlalu banyak mengeluarkan energi.

Tampilkan Komentar