Iman Kepada Kitab kitab Allah

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   6/02/2017
Selamat malam sahabat andi rezpati, pada postingan kali ini saya membahas mengenai Pengertian Iman terhadap kitab Allah. Pengertian iman kepada kitab kitab Allah adalah mempercayai dan meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para nabi atau rasul yang berisi wahyu Allah untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Ada dua kata kunci yang perlu ditegaskan didalam menjelaskan pengertian Beriman Kepada Kitab-kitab Allah, yaitu: Iman dan Kitab-kitab Allah. 

Iman Kepada Kitab-kitab Allah berarti; meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT. telah menurunkan kitab suci kepada para Rasul untuk disampaikan kepada manusia sebagai pedoman hidup, sehingga selamat di dunia dan di akherat. Ada 3 tingkatan dalam beriman kepada kitab Allah, yaitu :
  1. Qotmil (membaca saja)
  2. Tartil (membaca dan memahami)
  3. Hafidz (membaca, memahami, mengamalkan dan menghafalkan.
Fungsi Iman kepada Kitab-kitab Allah
  1. Untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi
  2. Untuk membangun kehidupan bermasyarakat
  3. Untuk menjalin kerukunan dalam hidup berbangsa dan bernegara.
Cara Beriman Kepada Kitab-kitab Allah
  1. Meyakini kebenaran isi kitab suci
  2. Tidak membeda-bedakan antara kitab suci
  3. Mentaati isi kitab suci dalam kehidupan sehari-hari
  4. Meyakini bahwa al-Qur’an benar-benar wahyu Allah, bukan karangan Nabi Muhammad saw
  5. Meyakini bahwa isi al-Qur’an dijamin kebenarannya, tanpa ada keraguan sedikit pun
  6. Mempelajari, memahami, dan menghayati isi kandungan al-Qur’an
  7. Mengamalkan ajaran al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
Hikmah Iman kepada Kitab-kitab Allah
  1. Meningkatkan keimanan kepada Allah swt yang telah mengutus para rasul untuk menyampaikan risalahnya.
  2. Hidup manusia menjadi tertata karena adanya hukum yang bersumber pada kitab suci
  3. Termotivasi untuk beribadah dan menjalankan kewajiban-kewajiban agama, seperti yang tertuang dalam kitab suci
  4. Menumbuhkan sikap optimis karena telah dikaruniai pedoman hidup dari Allah untuk meraih kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat
  5. Terjaga ketakwaannya dengan selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.
Dalil beriman kepada Kitab-kitab Allah

Al Baqarah (2): 213

[2:213] Manusia itu adalah umat yang satu. (setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.

Al Baqarah (2): 136

[2:136] Katakanlah (hai orang-orang mu'min): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".

Dalil Tentang Keistimewaan Al Quran

Pemberi syafaat (pertolongan) di hari kiamat




Abu Umamah Al Bahily berkata; "Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, 'Bacalah Al Quran, karena sesungguhnya dengan bacaan Al Quran itu akan datang pada hari kiamat untuk memberikan pertolongan kepada para pembacanya...''' 
(HR. Muslim)

Membuat orang tertarik mempelajarinya




[Al Baqarah 2:121] Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.

Medatangkan pahala (berkah) bagi pembacanya



[Al An'am 6:155] Dan Al-Quraan itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat.

Memberikan Ketenangan jiwa



Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda: " Apakah suatu kaum berkumpul dirumah dari rumah-rumah Allah (masjid) dan mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya bersama mereka, akan diturunkan kepada mereka ketenangan, di selimuti dengan rahmat, dan ditunggui oleh para Malaikat"
(HR, Abu Daud)

Pembenar Kitab-kitab sebelumnya




[Al Maidah 5:48] Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur'an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu.

sahabat andi rezpati, umat Islam yang benar-benar dikatakan beriman kepada kitab suci Al Quran adalah umat yang gemar membaca dan mengamalkan Al Quran serta gemar mendakwahkan isi kitab suci Al Quran kepada manusia lainnya. Sampai disini dulu ya sahabat andi rezpati, semoga dengan dipublikasikannya artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan dan memberikan banyak manfaat buat kita semua.

Tampilkan Komentar