Pacaran Menurut Islam

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   6/06/2017
Sahabat andi rezpati, pada postingan ini saya membahas mengenai pacaran menurut Agama Islam Dan Hukum Pacaran dalam Islam. Pacaran dalam Islam, udah ngasih aturan yang jelas, harusnya kita bisa menerima Islam dengan sepenuh pikiran dan perasaan, bukan cuma sebatas ritualnya aja atau dijadikan formalitas aja sobat andi rezpati, Aturannya menyangkut semua hal, mulai dari aturan Negara sampai aturan bermasyarakat. Bener nih, ada yang rajin Ngaji, sholat juga gak ketinggalan tapi maksiat tetep jalan hadduch STMJ (sholat terus maksiat jalan). Dan soal malming wajib hadir kerumah pacar, niat ngapel sambil pamit sama ortu si pacar, mau ngajak jalan-jalan cari udara segar, intinya supaya bisa berdua aja.

Aturan pergaulan dalam Islam
Allah berfirman :
“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” 
(Al-Isra: 32).
Memegang bukan cuma deketinnya saja yang tidak boleh, tapi mendekati saja sudah dilarang apalagi lebih dari itu. Pacaran identik dengan berkumpul antara lawan jenis, Istilahnya berkhalwat dengan yang bukan mahrammnya, dalam Islam itukan diharamkan karena bisa menjerumus kedalam kemaksiatan dan yang lebih parah berzina.
“Katakanlah kepada orang-orang mukmin laki-laki: ‘Hendaklah mereka itu menundukkan sebahagian pandangannya dan menjaga kemaluannya ….’ Dan katakanlah kepada orang-orang mukmin perempuan: ‘Hendaknya mereka itu menundukkan sebahagian pandangannya dan menjaga kemaluannya…’.” 
(An-Nur: 30–31).
Menundukkan pandangan adalah menjaga pandangan, tidak dilepas gitu aja tanpa kendali sehingga dapat menelan merasakan kelezatan atas birahinya kepada lawan jenisnya yang beraksi. Pandangan bisa dibilang terpelihara jika secara tidak sengaja melihat lawan jenis kemudian menahan untuk tidak berusaha melihat mengulangi melihat lagi atau mengamat-amati kecantikannya atau kegantengannya.

Ath-Thabarani meriwayatkan, Nabi saw. bersabda yang artinya, 
“Awaslah kamu dari bersendirian dengan wanita, demi Allah yang jiwaku di tangan-Nya, tiada seorang lelaki yang bersendirian (bersembunyian) dengan wanita malainkan dimasuki oleh setan antara keduanya. Dan, seorang yang berdesakkan dengan babi yang berlumuran lumpur yang basi lebih baik daripada bersentuhan bahu dengan bahu wanita yang tidak halal baginya.”
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. telah bersabda yang artinya, 
“Kedua mata itu bisa melakukan zina, kedua tangan itu (bisa) melakukan zina, kedua kaki itu (bisa) melakukan zina. Dan kesemuanya itu akan dibenarkan atau diingkari oleh alat kelamin.” (Hadis sahih diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Ibn Abbas dan Abu Hurairah).
Yang terendah adalah zina hati dengan bernikmat-nikmat karena getaran jiwa yang dekat dengannya, zina mata dengan merasakan sedap memandangnya dan lebih jauh terjerumus ke zina badan dengan, saling bersentuhan, berpegangan, berpelukan, berciuman, dan seterusnya hingga terjadilah persetubuhan.

Dalam Islam tidak ada Istilah pacaran, karena pada dasarnya aturan pergaulan dalam Islam adalah itfishol / “terpisah” dalam arti begini : 
Laki-laki atau Perempuan hanya bergaul akrab dengan sejenisnya atau para mahrom. Berhubungan dengan lawan jenis hanya masalah Mu’amalah (bisnis, seperti dipasar antara penjual dan pembeli), Pendidikan (sperti antar dosen sama mahasiswanya) en Masalah kesehatan. Yang semuanya harus tetap sayr’i.
Qs. Annur, 27-28 :
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.

Jika kamu tidak menemui seorangpun didalamnya, Maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. dan jika dikatakan kepadamu: “Kembali (saja)lah, Maka hendaklah kamu kembali. itu bersih bagimu dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Tempat / kondisi :
  • Tempat yang kita tidak memerlukan izin pada saat masuk/melihat (contoh :lapangan, Rumah Sakit, Pasar, dll)
  • Tempat khusus (tempat yang jika kita ingin masuk atau melihat maka diwajibkan untuk meminta izin, contoh ; kamar mandi rumah, mobil pribadi, ruangan pribadi)
Yang harus diperhatikan dalam pergaulan :
  1. Ij’tima : berkumpul, tidak ada interaksi
  2. A’laqoh : interaksi, tidak berkumpul. Contoh telp/sms
  3. Ij’tilat : berkumpul& beriteraksi, hanya masalah mu’amalat, pendidikan, kesehatan
Pacaran gk cuma mereka yang masih bujangan dan gadis, tapi dari usia akil balig sampai kakek nenek bisa berbuat seperti yang diancam oleh hukuman Allah. Hanya saja, yang umum kelihatan melakukan pacaran adalah para remaja.

"Baca Juga : Manfaat Berpacaran"

Namun, bukan berarti tidak ada solusi dalam Islam untuk berhubungan dengan nonmahram. Dalam Islam hubungan nonmahram ini diakomodasi dalam lembaga perkawinan melalui sistem khitbah/lamaran dan pernikahan.
“Hai golongan pemuda, siapa di antara kamu yang mampu untuk menikah, maka hendaklah ia menikah, karena menikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih memelihara kemaluan. Tetapi, siapa yang tidak mampu menikah, maka hendaklah ia berpuasa, karena puasa itu dapat mengurangi syahwat.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan Darami).
Selain hal tersebut di atas, baik itu hubungan teman, pergaulan laki-laki perempuan tanpa perasaan, ataupun hubungan profesional, ataupun pacaran, ataupun pergaulan guru dan murid, bahkan pergaulan antar-tetangga yang melanggar aturan di atas adalah haram, meskipun Islam tidak mengingkari adanya rasa suka atau bahkan cinta. Sahabat andi rezpati, bahkan diperbolehkan suka kepada laki-laki/perempuan yang bukan mahram, tetapi kalian diharamkan mengadakan hubungan terbuka dengan nonmahram tanpa mematuhi aturan di atas. Kalau masih pengin juga, kalian harus ditemani kakak laki-laki ataupun mahram laki-laki kalian dan kalian harus berhijab dan berjilbab agar memenuhi aturan yang telah ditetapkan Islam. Cukup sampai disini dulu ya sahabat andi rezpati bila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf dan semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semuanya.

Tampilkan Komentar