Apa Itu Kanker Serviks?

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   1/03/2018
Sobat Andi Rezpati pada kesempatan kali ini saya berbagi sedikit artikel kanker serviks. Kanker serviks adalah kanker yang muncul di dalam leher rahim anak perempuan. Serviks itu sendiri berfungsi sebagai pintu masuk rahim dari vagina. Gejala kanker serviks paling tidak dapat terlihat secara nyata, bahkan mungkin ada kemungkinan gejala tidak lagi terasa sama sekali. Seringkali, munculnya tanda-tanda terjadi saat kebanyakan kanker memasuki tingkat yang telah lewat.

Apa saja penyebab kanker serviks? Hampir semua kasus kanker serviks kebanyakan disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. HPV adalah kelompok tipe virus yang mengincar kutil di lengan, kaki, dan alat kelamin. Ada banyak jenis HPV, yang sebagian besar mungkin merupakan virus yang tidak berbahaya. Tapi ada beberapa jenis HPV yang mengganggu sel serviks dengan karakteristik normal dan pada akhirnya bisa menyebabkan kanker. HPV sangat sering ditularkan melalui hubungan seks dan mungkin merupakan tujuan dari kebanyakan kanker serviks.

Dari sekian banyak jenis HPV, ada dua jenis virus HPV yang paling berisiko, yaitu HPV 16 dan HPV 18. Akibat dari kanker serviks menyebabkan 70 persen kasus kanker serviks paling banyak dialami kaum wanita. Akibat kanker serviks pada wanita banyak gadis mengalami rambut rontok terlalu banyak .

Cara mencegah kanker serviks, Kondom dapat menjaga Anda dari HPV di beberapa titik seks, namun tidak lagi terus-menerus sempurna dalam mencegah infeksi. Saat terinfeksi HPV, gadget kekebalan wanita mencegah virus melukai rahim, namun pada beberapa wanita, virus HPV dapat bertahan selama bertahun-tahun. Hasil ini pada sel yang berada di lantai serviks berubah menjadi sel kanker.

Vaksin untuk mencegah kontaminasi HPV yang rentan menyebabkan kebanyakan kanker mudah didapat. Cara mencegah kanker serviks sejak dini menggunakan Vaksinasi HPV saat ini adalah vaksin bivalen untuk HPV enam belas dan 18; vaksin quadrivalen untuk HPV 6, 11, enam belas dan 18; atau vaksin nonavalen untuk sembilan jenis HPV yaitu empat macam ditambah 31,33, empat puluh lima, lima puluh dua, dan 58.

apa saja gejala kanker serviks? awal gejala kanker serviks sebagian besar wanita tidak dapat mengetahui tanda dan gejala atau tanda kanker serviks prekanker atau tingkat awal. Berikut adalah ciri ciri kanker serviks:
  1. Sakit kaki atau bengkak di kaki. 
  2. Rasa sakit pada tahap tertentu dalam seks. 
  3. Menstruasi lebih panjang dari biasanya. 
  4. Lebih banyak darah menstruasi daripada tradisional. 
  5. Bintik atau berdarah diluar tabel waktu menstruasi. 
  6. Nyeri di sekitar pinggul Post-menopause berdarah. 
  7. Mudah mengalami perdarahan, misalnya setelah melakukan hubungan seksual, douching, atau pemeriksaan panggul dengan menempatkan alat ke kanal awal. 
  8. Pendekatan ini yang menopause telah terjadi namun secara tak terduga tampak sekali lagi berdarah. 
  9. Keluar dari urine atau kotoran dari saluran pengiriman. Mudah untuk menikmati patah tulang. 
  10. Keputihan yang tidak biasa, cairan berlebih, biasanya berwarna merah atau berbau busuk. 
Cara mengobati kanker serviks atau rahim dapat dilakukan dengan perawatan bedah, radiasi, dan kemoterapi. 

Obat radiasi eksternal 
Terapi radiasi yang menggunakan sinar-x atau berbagai percikan energi yang berlebihan untuk merusak sel kanker dan menurunkan tumor. 

Brakiterapi 
Menempatkan kain radioaktif ke dalam bingkai untuk mengobati kanker. 

Prosedur eksisi listrik loop 
Menggunakan kabel yang dipanaskan secara elektrik untuk menghilangkan sel dan jaringan biasa dari serviks dan vagina. 

Radioterapi 
Pengobatan yang memanfaatkan sinar-x dan sinar daya tinggi lainnya untuk membunuh sel yang tidak biasa. 

Konisasi serviks 
Pembedahan bedah dari pola jaringan kerucut dari serviks. Juga disebut sebagai biopsi kerucut.

Komplikasi Karena Kanker Serviks
Komplikasi sering terjadi pada anak perempuan dengan kanker serviks. Komplikasi bisa bangkit sebagai akibat langsung dari kanker atau hasil samping pengobatan yang diraih. Misalnya karena radioterapi, perawatan bedah, atau kemoterapi. Komplikasi kanker serviks adalah: 
  • Komplikasi kecil: perdarahan kecil di vagina dan / atau buang air kecil. 
  • Sakit kepala parah: perdarahan hebat atau bahkan gagal ginjal.

Tampilkan Komentar