Beginilah Cara Menasehati dan Mendidik Anak Nakal Supaya Jadi Pintar

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/14/2018


Hallo sahabat andi rezpati, pada postingan kali ini saya akan memberikan tips cara efektif menasehati anak. Cara tepat menasehati anak tentunya bukan hal yang mudah bagi orang tua yang memiliki anak keras kepala , untuk itu disini saya akan memberikan tips ampuh menasehati anak nakal. Memiliki anak pintar adalah dambaan semua ibu, namun tidak mudah bagi seorang ibu yang memilik anak bandel, saat anak disuruh belajar membaca terkadang tidak mau. Untuk para ibu yang memiliki anak nakal beginilah cara menasehati anak agar mau belajar membaca dan menulis dengan sendirinya.
#1. Pembahasan pertama mengenai cara menasehati anak
  • Memperbaiki diri sendiri
Sahabat andi rezpati sebulum menasehati anak alangkah baiknya kalian, intropeksi diri terlebih dahulu. Jika orang tua ingin memiliki anak yang baik, maka terlebih dahulu dirinyalah yang harus baik, sehingga anak akan meniru sifat baiknya. Dan anak nantinya akan cenderung tumbuh menjadi seorang yang memiliki karakter baik.
  • Buatlah hubungan kepercayaan
Jika orang tua dan anak saling memiliki kepercayaan hal ini akan memudahkan anak untuk menceritakan megenai kondisinya. Tinggal Anda sebagai orang tua harus menjadi sosok yang dapat dipercaya oleh anak-anak. 
  • Gunakan waktu yang tepat
Orang tua harus mengetahui saat yang tepat untuk memberikan nasehat kepada anak. Sehingga dalam suasana yang baik, anak akan lebih mau untuk menerima nasehat. Contohnya memberikan nasehat saat anak sedang merasa senang dan pikirannya terkendali dengan baik. Jangan memberikan nasehat saat anak sedang emosi dan pikirannya kalut karena 90% percuma. Hal itu karena kondisi anak yang sedang emosi, orang tua memberikan penjelasan bagaimanapun akan tetap ditolak. Tunggu agar situasi mereda, baru mulai berikan penjelasan yang baik dan lembut pada anak.

Kemudian, tetap tenang ketika anak melakukan hal-hal negatif. Orang tua bisa memberikan isyarat ketidak-setujuan pada kelakukan anak, dengan cara menunjukan rasa sedih (atau semacamnya) dan menjelaskan secara perlahan mengenai kekeliruannya. Sahabat andi rezpati cara yang paling untuk mengambil hati anak dengan cara memeluk dan mencium anak secara tulus, terutama ketika sang anak sakit. Hal ini sangat ampuh untuk memberikan ketenangan jiwa pada anak.


#2. Pembahasan yang kedua mengenai tips mendidik anak

Bagaimana cara membuat anak agar tidak malas belajar? Cara mendidik anak agar mau belajar adalah informasi yang sangat dibutuhkan oleh keluarga, khususnya ibu yang banyak menghabiskan waktu bersama anak. Tentunya orang tua harus melakukan banyak cara untuk bisa membuat anak mau belajar. Anak-anak yang sulit belaja dapat disiasati dengan pola didik yang dilakukan oleh orang tua.


Cara mengatasi anak susah belajar agar rajin dan semangat untuk berangkat ke sekolah atau les serta menjadi anak yang cerdas tanpa harus dipaksa. Namun ketika Anda mencoba mengajak anak untuk masuk ke lembaga bimbingan khusus untuk anak maka terkadang anak menjadi bosan dan tidak mau belajar. Oleh karena itu, jika Anda mendambakan buah hati Anda tidak hanya pintar tapi juga berhasil dalam studinya doronglah mereka, beri mereka motivasi serta semangat agar mau belajar dengan keras. Beginilah cara agar tidak malas belajar yang bisa diterapkan agar anak cerdas.

  • Pelajari Bagaimana Tipe Belajar Anak Anda

Setiap anak diketahui memiliki tipe belajar yang berbeda dan harus disesuaikan untuk dapat membuat belajar menjadi lebih menarik. Anda dapat membawa anak anda ke psikolog atau dapat meminta saran dari gurunya untuk mengetahui bagaimana anak anda lebih mudah belajar. Dengan mengetahui tipe belajar anak anda tersebut, kemudian anda pun dapat menyesuaikan berbagai alat pembantu belajar dengan menyesuaikan tipe belajar anda itu sendiri.

  • Suasana Rumah Nyaman untuk Belajar

Anak-anak hanya dapat belajar dalam suasana rumah yang nyaman. Jika orang tua sering bertengkar, maka belajar tidak menjadi prioritas utama lagi bagi anak. Oleh karena itu, orang tua memiliki peranan yang besar dalam menentukan seorang anak untuk rajin belajar atau tidak.

  • Atur jam belajar anak

Selain itu, setiap orang tua yang ingin anaknya mau belajar tanpa dipaksa dapat menerapkan jam belajar secara disiplin. Belajar dengan disiplin ini merupakan salah satu cara yang paling efektif. Apa yang dimaksud dengan menerapkan jam belajar secara disiplin? Maksudnya adalah anda harus membuat tidak ada kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh anak-anak di waktu harusnya dia belajar.

  • Memberikan Waktu Berkomunikasi dengan Anak

Orang tua yang perhatian dan memang memperhatikan manfaat dari anak belajar, harusnya dapat memberikan waktu untuk berkomunikasi dengan anak. Waktu komunikasi ini dapat anda isi dengan menanyakan apa saja aktivitas anak anda di sekolah, apakah ada hal yang menarik atau adakah hal yang tidak dia sukai hari ini terjadi di sekolah? Perhatian dengan komunikasi ini sangatlah efektif untuk membuat anak anda menyadari bahwa anda benar-benar perhatian untuk kesuksesan dirinya.

  • Selalu Memberikan Dukungan


Cara mendidik pertama yang perlu dilakukan orang tua agar anak mau belajar adalah dengan selalu memberikan dukungan pada apapun yang anak anda lakukan. Termasuk dalam keinginan anak untuk memilih sekolah dan cita-citanya. Hal-hal dukungan yang terlihat kecil ini, sebenarnya sangat memiliki pengaruh dalam menentukan apakah anak anda akan rajin belajar atau tidak.

Tampilkan Komentar