Beginilah Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/20/2018

Selamat pagi sahabat andi rezpati, pada pagi ini saya membahas tentang Tips menjaga kehamilan. Kandungan diusia muda sangatlah rentang terjadi keguguran pada janin tersebut tentunya sahabtku tidak menginginkannya. Oleh karena itu penting untuk menjaga kehamilan ekstra hati-hati. Ada beberapa tips untuk menjaga kehamilan Anda di usia muda yang harus Anda ketahui.


Sebelum saya memberikan tips cara menjaga kehamilan muda, alangkah baiknya sobat ketahui terlebih dahulu ciri2 orang hamil. Ciri2 hamil muda secara fisik secara umum dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh yang akhirnya menimbulkan beberapa perubahan pada tubuh. Berikut ini adalah ciri2 ibu hamil:
  • Mual – mual dan Muntah
Sebagai ciri – ciri orang hamil pada minggu pertama, bisa dikenali juga sering mual2 pada pagi hari atau biasa disebut sebagai morning sickness. Namun tidak menutup kemungkinan mual2 ini tidak hanya terjadi pada pagi hari tapi sepanjang hari.
  • Mudah Lelah
Ciri2 orang hamil lain pada minggu pertama kahamilan anda akan merasa tingkat kelelahan yang tinggi, anda akan merasa begitu capek walaupun hanya melakukan pekerjaan sehari – hari. Pada wanita yang mempunyai tekanan darah rendah akan lebih punya kelelahan tinggi bahkan bisa sampai pingsan.
  • Terlambat Datang Bulan
Sebuah ovarium yang sudah terbuahi maka tidak akan dikeluarkan dari tubuh, hal inilah yang menyebabkan anda tidak mengalami menstruasi saat adanya pembuatan sebagai tanda bahwa anda hamil muda.
  • Perubahan Payudara
Payudara akan lebih sensitif jika tersentuh atau terkena bra secara mendadak anda akan merasa tidak nyaman. Dari segi ukuran juga terlihat sedikit membesar. Jika anda raba/remas, payudara juga anda terasa kebih lembut dan empuk. Pada beberapa wanita juga akan merasakan gatal pada payudara dan puting yang lebih menjulang atau membengkak.

Giman sih agar janin sehat? cara menjaga hamil muda sobat bisa mengubah kebiasaan makan Anda, apabila tadinya doyan makan yang tidak sehat, maka harus makan yang sehat-sehat saja. Hindari junk food, hindari juga minuman bersoda dan beralkohol.

Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara menjaga kandungan diusia muda yang mungkin bisa bermanfaat:
  • Jaga Asupan Nutrisi atau Gizi
Selama awal kehamilan, biasanya wanita terserang mual kehilangan nafsu makan. Memang memang eksistensi normal tapi bagaimanapun, perasaan ini tidak boleh diikuti karena jika ibu tidak makan janin akan kehilangan nutrisi penting yang dia inginkan.


Kebutuhan gizi untuk ibu hamil harus diperhatikan betul karna ini menyangkung perkembangan janin. Asupan gizi ibu hamil menjadi faktor penting baik untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil atau pun untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan, dapat mengurangi risiko penyakit kronis pada anak Anda di masa mendatang. Berikut daftar kandungan nutrisi atau gizi ibu hamil yang dibutuhkan:

  • Karbohidrat
Makanan sumber karbohidrat terbaik yang bisa Anda konsumsi antara lain nasi, kentang, sereal, pasta, sayuran dan buah.
  • Protein
Protein terbaik untuk ibu hamil meliputi daging sapi tanpa lemak, ikan, boga bahari, daging ayam, daging domba, tahu, dan kacang-kacangan (kacang merah, kacang polong).
  • Kalsium
Kebutuhan kalsium harian sekitar 1000 miligram selama kehamilan. Sumber kalsium terbaik ada di susu, keju, yoghurt, ikan sarden atau salmon, dan bayam.
  • Zat Besi
Sumber zat besi bisa didapatkan pada lobak, sayuran hijau seperti bayam, selada, kubis, biji-bijian, roti, sereal, dan havermut.
  • Asam Folat
Kebutuhan asam folat harian di masa kehamilan adalah 600 sampai 800 mikrogram. Adapun sumber asam folat bisa Anda dapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, stroberi, lemon, mangga, dan tomat.
  • Hindari Aktifitas Berat.
Pada awal kehamilan, wanita umumnya lelah sangat mudah bahkan ada beberapa yang pingsan karena tekanan darah rendah. Karena itu, jangan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan berat. Jangan terlalu lama embrio dan janga juga duduk terlalu lama. Cobalah untuk mematahkan Anda cukup. Tapi jangan terlalu diam terlalu lama karena akan membuat tubuh Anda semakin tidak nyaman.
  • Hindari Rokok dan Obat Keras
Kehamilan muda adalah menghindari rokok berikutnya, obat-obatan tertentu, kafein, alkohol dan semua zat yang bisa membahayakan kehamilan. Alkohol juga bisa mengganggu rokok dan menghambat perkembangan janin Anda. Dikabarkan bahkan, jika si ibu perokok, maka kemungkinan bayi yang lahir tidak sempurna akan semakin besar. Sedangkan kafein juga sangat dianjurkan untuk dihindari karena bisa mempengaruhi jumlah zat besi dalam darah dan bisa memperburuk gejala anemia yang biasa diderita wanita yang sedang hamil. Jadi, kamu harus hati-hati!

Tips merawat kehamilan dini berhubungan dengan aktivitas seksual suami dan istri berikutnya. Memang itu adalah sifat dan sah yang dilakukan. Namun pada awal kehamilan kegiatan ini bisa menyebabkan keguguran jika tidak dilakukan sesuai kondisi wanita. Jadi, Anda harus berkonsultasi dengan ginekolog.

Sahabat andi rezpati itu tadi adalah tips untuk menjaga kandungan diusia muda agar janin tetap sehat. Aktivitas seksual harus dilakukan dengan hati-hati (bahkan ada beberapa orang yang memilih berhenti sementara) jika kehamilan berisiko tinggi seperti keguguran, ada riwayat kelahiran prematur, pendarahan di vagina, plasenta previa, dan sejenisnya. Jangan lupa bagikan artikel ini ketamn kalia yang lagi hamil muda.

Tampilkan Komentar