Inilah Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/21/2018
Selamat pagi sahabat andi rezpati, wanita hamil membutuhkan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan bayi seperti folat, serat dan zat besi, asupan gizi ibu hamil tersebut dibutuhkan untuk perkembangan bayi agar dapat tumbuh dengan baik. Gizi dan Nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung.  Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang. 

Ibu hamil sangat disaran dokter untuk mengkonsumsi buah2n, buah yang baik untuk ibu hamil bisa sobat dapatkan dengan mudah seperti dipasar maupun di supermarket terdekat. Buah buahan untuk ibu hamil seperti: Pisang,Jeruk, Kurma, Apel, Buah Naga, Anggur,  Alpukat,  Jambu Air, Stroberi dan masih banyak yg lainnya. Asupan vitamin juga menjadi kebutuhan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi. Adapun vitamin yang diperlukan di masa kehamilan meliputi:
  1. Vitamin A untuk kesehatan kulit dan mata serta pertumbuhan tulang. Sumber vitamin A antara lain wortel, sayuran hijau, dan umbi-umbian.
  2. Vitamin C untuk kesehatan gigi, gusi, dan tulang, serta membantu penyerapan zat besi. Sumber vitamin C antara lain buah sitrus, brokoli, tomat.
  3. Vitamin B6 untuk pembentukan sel darah merah, untuk efektivitas manfaat protein, lemak, dan karbohidrat. Vitamin B6 bisa didapat dari sereal, biji-bijian utuh seperti gandum, dan buah pisang.
  4. Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf. Sumber vitamin B12 adalah daging, ikan, dan susu.
  5. Vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi serta membantu penyerapan kalsium. Sumber vitamin D antara lain susu, sereal, dan roti.
Asupan gizi ibu hamil menjadi faktor penting baik untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil atau pun untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan, dapat mengurangi risiko penyakit kronis pada anak Anda di masa mendatang. Berikut daftar kandungan nutrisi atau gizi ibu hamil yang dibutuhkan:
  • Karbohidrat
Makanan sumber karbohidrat terbaik yang bisa Anda konsumsi antara lain nasi, kentang, sereal, pasta, sayuran dan buah.
  • Protein
Protein terbaik untuk ibu hamil meliputi daging sapi tanpa lemak, ikan, boga bahari, daging ayam, daging domba, tahu, dan kacang-kacangan (kacang merah, kacang polong).
  • Kalsium
Kebutuhan kalsium harian sekitar 1000 miligram selama kehamilan. Sumber kalsium terbaik ada di susu, keju, yoghurt, ikan sarden atau salmon, dan bayam.
  • Zat Besi
Sumber zat besi bisa didapatkan pada lobak, sayuran hijau seperti bayam, selada, kubis, biji-bijian, roti, sereal, dan havermut.
  • Asam Folat
Kebutuhan asam folat harian di masa kehamilan adalah 600 sampai 800 mikrogram. Adapun sumber asam folat bisa Anda dapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, stroberi, lemon, mangga, dan tomat.

Ibu hamil haruslah di beri dorongan agar mengkonsumsi makanan yang baik nan bergizi, ditambah kontrol terhadap kenaian berat badannya selama kehamilan berlangsung. Kenaikan berat badan yang ideal berkisar antar 12-15 kilogram. Demikian artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini bila ada keselahan saya mohon maaf dan segera hubungi saya untuk ditinjau ulang postingan ini.

Tampilkan Komentar