Manfaat Makan Ikan Bagi Ibu Menyusui

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   2/28/2018
Sahabat andi rezpati perlu kita ketahui bahwa saat ini asupan gizi sangat penting untuk perkembangan bayi. Nutrisi penting yang dikenal sebagai omega-3 adalah perkembangan saraf otak bayi. Omega-3 ditemukan terutama pada ikan. Sebuah studi menemukan bahwa ibu yang mengonsumsi ikan memiliki kandungan omega-3 susu yang tinggi.

Agar asi melimpah dan berkualitas sobat bisa mengkonsumsi ikan salmon atau tongkol Penelitian yang dipublikasikan jurnal Maternal and Child Nutrition membandingkan komposisi asam lemak ASI wanita di Amerika Serikat dan suku Indian diberi nama Tsimane. Suku Tsimane tinggal di hutan Amazon di Bolivia dan mengkonsumsi makanan lokal, daging binatang liar dan ikan air tawar.

Akibatnya, sampel asi ibu suku Tsimane mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 asam docosahexaenoic (DHA) yang sangat penting bagi perkembangan kognitif dan visual bayi.

Selain itu, kadar DHA dalam ASI tidak menurun setelah 2 tahun melahirkan. Periode ini adalah periode dimana pertumbuhan otak bayi paling optimal dan menyerap DHA.

"Komposisi asam lemak susu payudara bervariasi sesuai komposisi asam lemak dari makanan dan toko lemak ibu," kata peneliti, Melanie Martin, seorang mahasiswa doktoral di departemen antropolgi UCSB seperti dilansir Science Daily.

Perbandingan omega-6 dengan omega-3 ibu AS bervariasi dari 10: 1 sampai 20: 1, sedangkan pada wanita di Tsimane hanya 4: 1. Hal ini diduga karena di AS tidak ada ikan segar dan wanita banyak Makanan olahan kaya omega-6 dan lemak trans.

Tingkat omega-6 diketahui terkait dengan peningkatan risiko obesitas, peradangan, penyakit kardiovaskular dan mengganggu pengolahan asam lemak DHA dan omega-3.

"Rata-rata ibu susu Tsimane mengandung DHA 400 persen lebih tinggi daripada ibu di Cincinnati, namun persentase rata-rata omega-6 dan lemak trans 84 persen dan 260 persen lebih rendah. Meski hidup dalam kondisi ekonomi yang buruk, para ibu di Tsimane memproduksi susu dengan Komposisi lebih seimbang dan bergizi, "kata Martin.

Temuan ini menyoroti pentingnya meningkatkan kandungan asam lemak pada ASI ibu di Amerika Serikat. Komposisi asam lemak dalam formula bayi harus meniru komposisi ASI di Tsimane. Periset juga menyarankan agar bayi mendapat asupan asam lemak omega-3 dari ASI yang didapat secara alami.

Berikut ini adalah asupan makanan untuk ibu hamil agar asi banyak saat kalian para ibu sedang menyusui maupun sedang hamil:
  • Ikan Salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak Omega 3, DHA, dan EPA. Ketiganya adalah zat yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan neorologis dan penglihatan pada janin. Jika Anda ingin memiliki anak yang cerdas sejak dalam kandungan caranya sangatlah mudah anda tinggal mengkonsumsi ikan yang berhabitat di Samudra Atlantik dan Pasifik, ini mungkin merupakan pilihan tepat untuk membuat otak bayi menjadi lebih cerdas.
  • Ikan Lele
Ikan lele menjadi salah satu yang terbaik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Ikan lele mengandung lemak baik dan protein yang tinggi, dua zat gizi yang menyokong pertumbuhan dan perkembangan maksimal pada janin. Selain itu, daging ikan lele juga kaya akan fosfor dan kalium. Fosfor merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang janin, sedangkan kalium dapat membantu jantung dan pembuluh darah untuk lebih sehat.
  • Ikan Sarden
Ikan Sarden Ikan sarden kalengan juga termasuk golongan ikan yang baik untuk ibu hamil konsumsi. Ikan ini mengandung protein tinggi tapi sangat rendah merkuri. Yang perlu diingat saat akan mengkonsumsinya, pastikan ikan kalengan yang Anda beli benar-benar berbahan ikan sarden, bukan ikan makarel. Selain itu, jika bisa usahakan pilih ikan sarden kalengan yang rendah sodium, terutama jika Anda mengalami hipertensi selama kehamilan.
  • Ikan Mas
ikan mas memang jelas tidak mengandung merkuri, mengingat ia memang tidak akan bisa hidup di perairan yang tercemar, sehingga aman dikonsumsi selama kehamilan. Selain itu, ikan ini juga kaya protein, lemak baik, kalsium, fosfor, protein dan vitamin yang dapat mencukupi kebutuhan gizi bagi pertumbuhan janin.
  • Ikan Tongkol
Dengan kandungan protein di dalam ikan tongkol, jelas bahwa ikan ini akan sangat berguna dalam membantu membangun, membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh pada janin selama masa perkembangannya di dalam perut sang ibu. Proses pembentukan hati, jantung, kulit, mata dan otot akan semakin sempurna sehingga risiko kelainan jantung pada bayi baru lahir dan kelainan lain semakin berkurang. Pembentukan sel-sel janin pun akan terjadi tanpa hambatan berikut cairan ketubannya. Lebih penting lagi di sini adalah bahwa pertumbuhan plasenta dan jaringan serta otak juga didukung oleh protein dari ikan tongkol. Demikian artikel ini saya postingkan secara publik di situs andi rezpati, bila ada kesalahan saya mohon maaf.

Tampilkan Komentar