Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/08/2018
Bolehkah ibu hamil minum kopi, tidak ada yang melarang ibu menyusui minum kopi, asal tidak berlebihan dan saya saran jangan menyusui banyi ketika sobat minum kopi tunggulah beberapa saat kurang lebih 1-2 jam baru sobat bisa menyusui banyinya. Ketika kafein memasuki aliran darah ibu menyusui, kurang dari satu persennya akan masuk ke dalam ASI. Jumlah kafein dalam ASI pun akan terakumulasi beberapa jam setelah dikonsumsi.

Sementara itu, ibu menyusui yang menderita gangguan peredaran darah (penyakit Raynaud) disarankan untuk menghindari kafein sama sekali. Penyakit ini disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah hingga membuat jari tangan, jari kaki, dan bagian tubuh lainnya terasa dingin dan seperti ditusuk banyak jarum karena kekurangan darah. Kafein bisa memperparah penyempitan pembuluh darah hingga membuat aktivitas menyusui terasa menyakitkan. Ini karena puting payudara kemungkinan terasa seperti ditusuk-tusuk.

Apakah ibu hamil boleh minum kopi, minum kopi setelah melahirkan akan berdampak pada kesehatan anda, sehingga ketika anda akan mengkonsumsi kopi dianjurkan hanya  hanya setengah cangkir atau beberapa sendok saja sehingga kandungan kafein tidak akan menggangu waktu istirahat anda dan mempengaruhi produksi ASI.

Jumlah kafein dalam makanan dan minuman tersebut pun berbeda-beda.

  • Satu kaleng minuman kola (354 ml) mengandung sekitar 40 mg kafein
  • 50 gram cokelat: sampai 50 mg
  • Satu kaleng minuman energi: sampai 80 mg
  • Satu cangkir teh: 75 mg
  • Satu cangkir kopi instan: 100 mg
  • Satu cangkir kopi saring: 140 mg

kehadiran kafein dalam air susu ibunya mungkin akan menimbulkan masalah. Hal ini terutama terjadi pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan. Reaksinya akan lebih mudah diamati ketika sobat tidak mengonsumsi kopi saat sedang mengandung. Jika sobat mengonsumsi kafein berlebihan, akumulasi senyawa ini dalam tubuhnya mungkin akan menyebabkan bayi mengalami beberapa masalah.

Agar bayi dapat menyusu ASI tanpa ada zat-zat yang akan mengganggu perkembangan bayi, sebaiknya para ibu lebih memperbanyak minum air putih agar lebih aman. Bolehkah ibu menyusui minum kopi, terlalu banyak mengonsumsi kopi saat menyusui memang tidak baik dan akan berdampak buruk pada kesehatan bayi. Walaupun tidak ada larangan untuk minum kopi selama menyusui, tapi ada baiknya jika ibu lebih memperhatikan kesehatan si kecil supaya perkemabngannnya lebih baik.

Tampilkan Komentar