Cara Mengobati Luka bakar Yang Tepat

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/09/2018
Selamat pagi sahabat andi rezpati, pada postingan kali ini saya membahas mengenai tips mengobati luka bakar. Sahabatku semuanya pasti pernah bertanya bagaimana cara mengobati luka bakar? karena luka bakar di lapisan permukaan kulit bisa terasa lebih sakit daripada luka bakar dalam, untuk itu saya akan memberikan cara untuk menangani luka bakar. Pada luka bakar dalam biasanya kulit sudah berubah warna menjadi putih dan terasa tidak sakit. Sedangkan luka bakar pada permukaan kulit biasanya menyebabkan kulit berwarna kemerahan dan rasanya sakit sekali. Cara mengatasi luka bakar bisa terbilang mudah jika sobat cepat dalam menanganinya.

Pertolongan pertama bisa dilakukan untuk mengobati luka bakar ringan. Hal ini dilakukan agar kerusakan kulit yang terjadi tidak bertambah. Jika terjadi infeksi akibat luka bakar yang diderita, antibiotik mungkin diperlukan untuk mengatasi infeksi yang terjadi.

Cara mengobati luka bakar tradisional yang ampuh secara alami dan cepat. Luka bakar adalah kondisi kulit yang cidera akibat bersentuhan dengan benda panas, seperti air panas, minyak panas, knalpot, setrika dan lainnya. Pada umumnya kulit terbakar tersebut akan menggelembung, melepuh dan berair. Jika sobat mengalami luka bakar ringan, janganlah panik karena solusi untuk mengatasinya sangat mudah, cara untuk mengobati luka bakar bisa dilakukan dengan kantong teh yaitu cukup celupkan kantong teh ke dalam air panas untuk mengeluarkan sarinya kemudian pindahkan ke air dingin dan oleskan kantong teh pada bagian yang terkena luka bakar

Berikut ini adalah cara alami menghilangkan bekas luka bakar:
  1. Begitu terkena benda atau cairan panas langsung singkirkan pakaian di sekitar luka bakar. Lakukan sesegera mungkin jangan sampai benda atau cairan panas itu mengenai pakaian yang lelehannya bisa jatuh ke kulit Anda.
  2. Segera basuh luka dengan air dingin. Kira-kira selama 15 menit atau lebih sampai luka terlihat lebih baik. Hal ini untuk mendinginkan luka sebelum terkena obat. Kompres luka dengan kain kasa. Jangan gunakan kapas atau bahan lain yang sekiranya bisa menempel di kulit.
  3. Anda sering melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan odol? Mulai sekarang jangan lakukan hal tersebut. Hindari odol, mentega atau salep apapun karena salah-salah luka Anda akan makin parah. Air dingin cukup untuk meredakan nyeri luka bakar.
  4. Segeralah periksakan luka bakar ke dokter untuk menghindari infeksi bakteri. Jika Anda terinfeksi bakteri, setelah mengalami luka tersebut Anda akan demam, radang dan luka Anda mengeluarkan nanah.
  5. Luka bakar yang cukup serius sebaiknya langsung Anda bawa saja ke dokter atau rumah sakit. Karena bisa-bisa jaringan kulit Anda akan rusak dan merusak sistem kerja tubuh lainnya. Secepatnya Anda harus mendapatkan perawatan intensif.

Sahabat andi rezpati itu tadi adalah tips dari saya untuk menangani luka bakar pada kulit, semoga artikel ini bisa membantu sahabatku semuanya yang saat ini sedang mengalami luka bakar dikulitnya. Jangan lupa bagikan artikel ini ketan atau saudara kalian agar artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Tampilkan Komentar