Inilah Penyebab Orang Gemuk Sering Mendengkur Saat Tidur

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/08/2018
Sahabat andi rezpati, pada pembahasan kali ini saya mengulas tentang penyebab orang ngorok dan cara agar tidak ngorok. Pernahkah anda mendengkur atau ngorok saat tertidur? jika iya apa penyebabnya? mari kita simak artikel berikut ini untuk mengetahui alasanya. Mendengkur saat tidur bisa dialami oleh siapa saja. Tapi kebanyakan orang yang mengalami obesitas lebih cenderung mendengkur atau mendengkur saat tidur. Mengapa demikian?

Apa itu mendengkur? Mendengkur adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas. Mendengkur biasa terjadi pada > 3% anak-anak dan 32% dewasa. Apa penyebab tidur ngorok? Ada banyak penyebab orang mendengkur saat tidur, bisa mengakibatkan masalah sepele tapi terkadang juga menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang serius. Diperkirakan hampir separuh orang dewasa mendengkur.

Mendengkur atau mendengkur disebabkan oleh penyempitan bagian tenggorokan dan udara akan lewat atau masuk secara berlebihan. Salah satu penyebab paling umum mendengkur adalah karena obesitas dan kelebihan berat badan. Pada kelebihan berat badan jaringan berlebih bisa menyempitkan tenggorokan sehingga mendengkur lebih cenderung terjadi.

Apalagi orang gemuk cenderung memiliki terlalu banyak lemak tubuh, dan beberapa lemak terakumulasi di bagian tubuh tertentu seperti daerah leher dan tenggorokan. Lemak di leher dan tenggorokan akan menyempitkan saluran napas sehingga sulit untuk menarik napas. Saat seseorang berbohong, posisinya akan semakin mempersempit jalan napas, membuat mendengkur jadi bagian tubuh karena mencoba mengambil oksigen.

Dan peningkatan lemak juga mempengaruhi jaringan otot sehingga kehilangan massa otot dan jaringan yang longgar di tenggorokan menjadi jauh lebih mudah untuk mendengkur. Jika murni karena obesitas biasanya dengan menurunkan berat badan seringkali bisa mengatasi masalah. Tapi jika obesitas telah dikombinasikan dengan penyebab lainnya, maka akan membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Terkadang orang yang mendengkur mungkin juga menderita sleep apnea mengacu pada gangguan pernafasan selama 10 detik atau lebih. Sleep apnea dapat terjadi beberapa kali dalam satu malam dan mengganggu kualitas tidur normal.
Beberapa hal bisa menjadi petunjuk bahwa mendengkur yang dialami lebih dari sekedar gangguan tidur biasa yang terasa mengantuk di siang hari, sering buang air kecil saat sakit malam atau pagi saat hari.

Sobat andi rezpati berikut ini adalah cara agar tidak ngorok:
  1. Ubah Posisi Tidur
  2. Tidur yang Cukup
  3. Banyak Minum Air Putih
  4. Turunkan Berat Badan (Baca tips menurunkan berat badan disini)
  5. Cuci Hidung Dengan Air Garam

5 tips tadi merupakan cara agar tidur tidak ngorok paling efektif yang bisa sobat andi rezpati praktikkan.

Tampilkan Komentar