Lakukan Ini Saat Penyakit Jantung Anda Kambuh

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/09/2018
Sahabat andi rezpati, jika kalian menderita penyakit jantung alangkah baiknya anda menyimak ini, karena pada pembahasan kali ini saya membahas mengenai cara mengatasi serangan jantung dan pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat penyakit jantung kambuh. Jangan pernah menyepelekan gangguan pada jantung Anda. Belajar dari penyebab meninggalnya Artis Senior Ida Kusumah di lokasi syuting, gangguan pada jantung bisa datang kapan saja dan bisa berakibat fatal. Ada beberapa hal yang patut menjadi pelajaran, terutama tentang pertolongan pertama pada penderita serangan jantung.

Serangan jantung terjadi umumnya karena penyakit jantung koroner (PJK). PJK merupakan kondisi dimana plek lemak terbentuk di dalam pembuluh darah terutama arteri koroner jantung. Terbentuknya plek akan mengurangi ukuran pembuluh darah. Pembentukan plek ini terjadi dalam beberapa tahun. Ketika plek ini lepas, mampu menyebabkan jendalan darah pada permukaan plek. Ketika jendalan darah menjadi cukup besar, mampu menyebabkan pembuluh darah terhalang, hal inilah yang meyebabkan terjadinya serangan jantung. Namun sobat jangan kawatir dibawah ini akan ada cara menangani penyakit jantung yang menyerang secara tiba2.

Misalnya setelah Anda sibuk kerja bersama, anda sedang dalam perjalanan pulang dengan mengendarai mobil sendirian. Tiba-tiba anda merasakan sakit yang hebat di dada & mulai menjalar ke lengan & dagu, jarak ke rumah sakit yang terdekat kira-kira masih 5 Km. Lebih celakanya lagi, anda tidak tahu apakah anda mampu bertahan sampai sejauh itu, perlu sobat ketahui bahwa cara mengatasi penyakit jantung tidaklah sulit, berikut ini bisa sobat jadikan cara menangani penyakit jantung:
  1. Segera panggil Ambulans dan orang disekitar sobat.
  2. Jika sobat membawa aspirin kunyahlah aspirin telan 1 tablet 325 mg aspirin. Efektif dilakukan pada 30 menit setelah gejala pertama.
  3. Tetap tenang. Semenyeramkan serangan jantung, panik akan membuat masalah menjadi lebih parah. Tenang mampu membuat jantung menjadi lebih tenang.
  4. Rebahan. Rebahan juga bisa digunakan untuk mengurangi aktivitas, selain itu angkat kaki untuk membuka diafragma untuk membuat lebih mudah bernafas dan memasok oksigen ke tubuh
  5. Bernafas dalam. Cara untuk membuat oksigen tersebar dengan baik ialah dengan bernafas dalam, hal ini bisa dilakukan untuk menenangkan diri juga.
  6. Jangan lakukan RJP Batuk. Banyak info mengenai RJP batuk yang mampu mengurangi serangan jantung, namun hal ini tidak disarankan karena akan membuat keadaan menjadi lebih parah
  7. Saatnya, tiba-tiba datang serangan jantung, bagaimana cara pertolongannya?Seseorang saat ini tidak dapat berdenyut secara normal dan merasakan hampir pingsan, ia hanya memiliki waktu kira-kira 10 detik, setelah itu akan hilang kesadaran & pingsan. Jika di terkait tidak ada orang yang memberi pertolongan pertama, penderita harus memanfaatkan waktu 10 detik ini untuk membantu sendiri. Beginilah cara mencegah serangan jantung mendadak, 

Harus Bagaimana cara mengatasi gejala jantung? Usahakan sebisa mungkin anda batuk, setiap kali sebelum batuk usahakan menarik nafas dalam dalam kemudian batuklah sekuat tenaga seperti anda akan mengeluarkan dahak didalam dada, hingga pertongan dari medis datang.

Tujuan menarik nafas adalah untuk memasukkan Oksigen ke dalam paru-paru. Sedangkan tujuan batuk adalahj untuk menekan jantung, agar aliran darah bersikulasi. Menekan jantung juga bisa membantu denyut balik normal. Pertolongan dengan cara sederhan ini maksudnya agar penderita memiliki kesempatan untuk pergi ke Rumah Sakit. (Artikel yang diterbitkan di No.240 Journal of General Hospital Rochester, red).

Jangan pernah mengalami jika Anda berumur kurang dari 30, tidak bisa mendapat serangan jantung. Jadi hati-hatilah dan jangan lupa bagikan artikel ini buat sahabat kalian agar postingan ini bisa bermanfaat buat yang lainnya juga.

Tampilkan Komentar