Manfaat Jika Mengkonsumsi kepiting

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/09/2018
Selamat pagi sobat Andi Rezpati, pernakah sobat ni kepiting? hewan yang memiliki capit dan bercangkang keras ini hidup di dua alam, terkadang di air kadang juga muncul di darat. Sifat sebenarnya lebih banyak tinggal di udara. Kepiting yang juga disebut ketam merupakan binatang dari spesies Krustasea berkaki sepuluh, dari infraordo Brachyura karena memiliki ekor sangat pendek (brachy = pendek, ura = ekor). Binatang yang hidup di seluruh dunia ini memiliki huruf kapital dengan tubuh terbungkus cangkang keras.

Kepiting salah satu jenis hewan laut yang banyak digemari karena rasanya yang gurih dan lezat. Kepiting biasanya dibeli dalam keadaan hidup, agar bisa menjaga kesegarannya. Cara membersihkan kepiting juga sangat mudah, cukup bersihnya dengan udara yang bersih di seluruh bagian cangkangnya. Kalau untuk cara memasak kepiting sobat bisa mengolahnya sesuai selera sobat sendiri. Kepiting dengan berat 100 gram, diketahui bagian tubuh yang bisa dikonsumsi hanya sekitar 45%. Meski cukup sedikit yang bisa dikonsumsi, namun kadar gizinya sangat besar. Kandungan gizi yang ada pada kepiting tersebut adalah:
  • Energi (151 kkal)
  • Protein (13,8 gr)
  • Lemak (3,8 gr)
  • Karbohidrat (14,1 gr)
  • Kalsium (210 gr)
  • Fosfor (250 gr)
  • Zat Besi (1 mg)
  • Vitamin A (200 IU)
  • Vitamin B1 (0,05 mg)
  • Vitamin C (0 mg).

Kandungan kolesterol kepiting terbilang cukup tinggi, yaitu 76 mg / 100 gram, sementara kolesterol yang dianjurkan untuk dikonsumsi perharinya tidak lebih dari 300 mg. Untuk itu, agar mendapatkan manfaat dari kepiting, maka makanlah secukupnya dan jangan makan berlebihan, karena yang akan didapat lagi manfaatnya penyakit. Apakah ibu hamil boleh makan kepiting? Tentu saja boleh asal tidak berlebihan, kepiting ini sangat bermanfaat untuk janin. Simak berikut ini

Membantu Perkembangan Janin dan Bayi
Bolehkah ibu hamil makan kepiting? Bagi ibu hamil dan menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi manfaat kepiting ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Kadar proteinnya yang tinggi dan komponen asam lemak Omega-3nya yang membantu pembentukan membran sel pada otak janin dan bayi.

Mencegah dan Menyembuhkan Anemia
Penyakit anemia dapat dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi kepiting, karena Vitamin B12, Mineral Copper, dan Mineral Zinc pada binatang ini memiliki peran penting dalam memproduksi sel-sel darah merah.

Mencegah Osteoporosis
Pengeroposan tulang (osteoporosis) dapat dicegah dengan mengkonsumsi kepiting karena selain mengandung kandungan protein yang tinggi, juga mengandung Mineral Copper yang membantu pembentukan sel-sel dan syaraf tulang.

Meningkatkan Energi dan Stamina
Kandungan Vitamin B12 yang dapat memacu peningkatan metabolisme asam lemak dan asam amino. Ditambah kandungan proteinnya yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatur metabolisme, membuat kepiting bermanfaat untuk meningkatkan stamina yang loyo.

Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit kadiovaskular (jantung) dapat dicegah dengan kepiting, karena kandungan manfaat Omega 3 yang mampu menetlalisir kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah. Selain itu, kandungan Mineral Seleniumnya juga bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas pemicu serangan jantung.

Mencegah Penyakit Prostat
Kepiting dapat mencegah penyakit prostat karena kandungan Mineral Zinc bermanfaat dalam mencegah pembesaran pada prostat. Sobat andi rezpati perlu kita ketahui juga bahwa kepiting ini juga tidak baik bagi kesehatan jika mengkonsumsinya jumlah banyak dalam sekali makan.

Tampilkan Komentar