Pembahasan Politik Partisipan Ciri ciri beserta Contohnya

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   4/11/2018
Selamat siang sobat Andi Rezpati, pada kesempatan ini sa memberikan sedikit ulasan mengenai politik partisipan. Disini saya  membahas pengertian partisipan, Ciri ciri budaya politik partisipan dan contoh budaya partisipan. Budaya politik partisipan adalah budaya politik yang ditandai dengan kesadaran masyarakat yang tinggi. Masyarakat yang memliki budaya politik partisipan ini cenderung aktif dalam berbagai macam kegiatan politik di Indonesia. Mereka mempunyai pemahaman yang cukup luas mengenai perpolitikan di Indonesia.

Sedangkan politik partisipan menurut Miriam Budiardjo adalah kegiatan seseorang dalam partai politik. Partisipasi politik meliputi semua aktivitas seseorang untuk turut serta didalam proses pemilihan pemimpin-pemimpin dan turut serta secara langsung atau tidak langsung dalam penetapan kebijakan umum, serta penetapan kebijakan pembangunan nasional

Apa itu partisipan? Partisipan, yaitu orang yang ikut berpartisipasi dalam suatu kegiatan . budaya politik dalam suatu masyarakat tidak lahir dengan sendirinya. Orientasi pendidikan politik yang melahirkan kesadaran dan partisipasi politik tentu iikut mewarnai budaya politik yang lahir. Oleh karena itu, rangkaian budaya poloitik lebih baik menuju ke tingkat yang mapan, yaitu budaya partisipasi yang sesuai dengan etika dan norma-norma dalam masyarakat suatu Negara. Berikut ini adalah ciri ciri budaya politik partisipan:
  1. Taat dan patuh pada aturan yang berlaku.
  2. Menciptakan disiplin dalam segala aspek kehidupan.
  3. Berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan.
  4. Masyarakat memiliki kesadaran politik yang sangat tinggi.
  5. Pengetahuan masyarakat tentang sistem politik sangat tinggi.
  6. Masyarakat cukup disiplin dalam menjalankan kegiatan-kegiatan politik.
  7. Masyarakat aktif dalam mengontrol isu negatif yang dapat memecah belah kesatuan negara.

Dalam kehidupan sehari hari secara tidak sadar kita sudah melakuan yang namanya budaya politik, berikut adalah contoh budaya politik partisipan pada kehidupan sehari-hari yang bisa dilakukan:
  1. Mengikuti demo untuk menunjukkan aspirasi : Dengan cara mengikuti demo ketika ingin menunjukkan aspirasinya kepada pemerintah. 
  2. Mengikuti pemilu : Ini merupakan salah satu budaya partisipan dimana ikut serta dalam politik walau secara pasif dan tidak golput. 
  3. Ikut terjun langsung dalam politik : Mencalonkan diri sebagai pemimpin, ikut serta dalam partai politik, bergabung dengan ormas tertentu atau lembaga swadaya masyarakat dan ikut serta dalam pesta politik.

Politik partisipan biasanya juga dilakukan pada lingkungan desa berikut iki adalah contoh perilaku budaya politik partisipan dalam lingkungan desa:
  1. Ikut rapat / musyawarah mufakat : Seperti misalnya ketika diadakan rapat desa, masyarakat wajib untuk mengikuti rapat desa itu dan wajib untuk memberikan aspirasi atau idenya ketika rapat atau musyawarah itu berlangsung. 
  2. Aktif dalam pemilihan ketua karang taruna : Masyarakat atau pemuda yang aktif dalam pemilihan ketua karang taruna di daerahnya. 
  3. Aktif dalam pemilihan ketua RT RW : Masyarakat yang ikut serta dalam pemilihan ketua RT dan RW yang ada di daerah setempat. Sehingga kepemimpinan di daerahnya bisa berjalan dengan baik dan jelas.

Partisipasi yang baik adalah partisipasi yang mendukung suksesnya usaha bersama. Kualifikasi partisipasi mendukung suksesnya usaha bersama. Kualifikasi partisipasi yang baik adalah positif, kreatif, realistis, kritis-korektif-konstruktif.

Tampilkan Komentar