Bahaya Penyakit Anemia

Oleh:   Ahmad Andi Andriansah Ahmad Andi Andriansah   |   5/01/2018

Apa itu anemia? Anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah (hemoglobin) protein pembawa oksigen dalam sel darah merah berada di bawah kondisi normal. Sel darah merah merupakan sel darah yang mengandung hemoglobin. Yang berperan sangat penting dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh. Akibat dari anemia atau kekurangan darah adalah, sistem aliran darah akan terganggu dan tubuh akan kekurangan energi untuk menghasilkan energi. Maka dari itu tidak heran jika gejala anemia yang muncul adalah rasa lemas, pucat, gelisah dan terkadang di sertai dengan sesak nafas. Warna pucat di bagian-bagian tubuh seperti kelopak mata dan lidah juga merupakan salah satu gejala dari kekurangan darah.

Apa bahayanya akibat anemia? akibat dari terganggu nya kinerja sel darah merah, maka akan menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Padahal oksigen adalah sesuatu yang sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi. Maka akibat yang akan terjadi pada penderita anemia adalah sering merasa lemas, bahkan terkadang tidak bisa melakukan aktivitas seperti orang normal pada umumnya.

Penyakit anemia memang di sebabkan oleh beberapa faktor. Menjaga asupan makanan agar tubuh tidak merasa kekurangan energi merupakan langkah awal untuk mencegah penyakit anemia ini terjadi. Penyakit anemia bukanlah penyakit yang bisa di biarkan begitu saja, penyakit ini harus benar-benar menerima penanganan yang tepat. Sebab apabila di biarkan begitu saja maka kondisi penderita anemia akan semakin memburuk dengan semakin berkurangnya sel darah merah di dalam tubuh. Bahkan penyakit ini akan sangat membahayakan nyawa seseorang jika tidak di berikan penanganan dengan cepat dan tepat.

Apa penyebab anemia? Anemia atau kekurangan darah terjadi ketika tubuh memproduksi sel darah merah yang terlalu sedikit. Kehilangan terlalu banyak sel darah merah atau mematikan sel darah merah lebih banyak daripada menggantinya dengan sel darah merah yang baru. Anemia di bagi menjadi beberapa jenis, kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, dua diantaranya adalah karena konsumsi makanan atau minuman yang tidak sesuai dan faktor kesehatan. Berikut ini beberapa faktor penyebab anemia:
  • Gangguan produksi sel darah merah

Kondisi ini bisa muncul sejak lahir atau setelah dewasa yang biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik. Selain bawaan lahir, anemia aplastik juga bisa disebabkan oleh obat-obatan atau penyakit infeksi tertentu.
  • Diet

Kekurangan asupan zat besi, asam folat, atau vitamin B12 dapat mencegah tubuh untuk membentuk cukup sel darah merah.
  • Destruksi sel darah merah

Penyakit thalassemia, sickle cell anemia, dan anemia hemolitik menyebabkan tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat dan lebih banyak.
  • Penyakit lain

Penyakit kronik, seperti gagal ginjal kronik dan kanker, membuat tubuh kesulitan memproduksi sel darah merah. Pada gagal ginjal kronik, kadar hormon eritropoietin turun, padahal hormon ini berfungsi untuk merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah.

Tampilkan Komentar